Monday, 22 October 2018

TUGAS SOFTSKILL [MENGANALISIS LOGO : LOGO EIGER]



Nama : Muhammad Maulana Yusuf
NPM   : 54416995
Kelas  : 3IA07




Sejak awal tahun 2014 ini, logo Eiger sudah berubah dan telah menggunakan logo baru. Berbeda dengan logo lama yang membentuk pola gambar segitiga warna biru di dalam lingkaran berdasar warna merah, logo Eiger yang baru tampil tanpa lingkaran. Juga penulisan nama logonya pun baru dari yang huruf kecil eiGeR menjadi EIGER mungkin memang font nya saja membentuk huruf e nya seperti bukan huruf capital.


Perubahan cukup ekstrim pun dilakukan pada penggunaan warnanya, di mana di masa lalu, logo Eiger memang dominan warna biru dan merah yang sudah melegenda. Namun kini, logo tersebut menggunakan warna Orange, putih, dan abu-abu.

Dalam psikologi warna, Orange merupakan warna petualang, menggambarkan suasana hati yang bebas, ceria, dan hangat. Orange merupakan warna yang menguatkan dan memberi semangat di saat masa susah, menyembuhkan kepiluan, dan menghapus kekecewaan. Orange juga merupakan warna optimistik yang selalu bisa mencari jalan keluar dari berbagai masalah.

Putih dikenal sebagai warna suci, sebagai pelambang hati para pendaki yang mendaki dengan ketulusan hati. Putih juga merupakan warna awan, dan salju yang berada di atas puncak bukit tertinggi, yang merupakan tujuan utama para pendaki yang melakukan perjalanan berat dan jauh.

Dan abu-abu adalah warna tenang yang merupakan gambaran dari jiwa petualang yang melakukan pendakian dengan hati dan perasaan yang tenang. Abu-abu adalah warna kekompakan, kebersamaan, bertanggung-jawab, kedewasaan, dan harmoni, yang menggambarkan kebersamaan para petualang dalam melakukan perjalanan bersama-sama, serta hidup harmoni dengan alam sekitar.

Dan filosofi eiger pun baru, yaitu :  
Mount Eiger is unique,
Mount Eiger is aggressive,
Mount Eiger is asymmetrical with ridgesand faces :
So is our logo !

Sejarah singkat :
            PT Eigerindo Multi Produk Industri atau yang dikenal sebagai Eiger merupakan perusahaan manufaktur dan retail peralatan petualangan alam terbuka yang terbesar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1993 oleh Ronny Lukito di Bandung. Nama perusahaannya, Eiger, terinspirasi dari gunung Eiger, yakni gunung yang terletak di Bernese Alps, Swiss, berketinggian 3.970 m di atas permukaan laut. Berawal dari fasilitas yang sangat terbatas, Eiger meluncurkan produk tas dengan hanya dua mesin jahit. Jalan Cihampelas no. 22 Bandung adalah saksi bisu dirintisnya usaha tersebut, yang kemudian dibuka pula sebuah mini-toko tas di tempat yang sama.

Perusahaan kami memproduksi tas dan peralatan petualangan, yang mana terbagi dalam tiga brand utama, yakni Eiger dengan positioning gaya hidup berpetualang (lifestyle adventure), Bodypack dengan positioning e-lifestyle, dan Nordwand dengan positioning kehidupan alam terbuka (outdoor living). Brand kami dikenal luas sebagai brand lokal yang sangat terkemuka di Indonesia. Pada tahun 2009, kami terdaftar sebagai Top 250 Indonsia Original Brands oleh sebuah majalah bisnis terkenal, Swa. Hal tersebut membuktikan kerja keras, tekad kuat, dan komitmen kami dari waktu ke waktu dalam rangka meraih kualitas unggul dan nama baik.

Awal mula sebagai toko dan produksi kecil dengan hanya dua mesin jahit di jalan Cihampelas 22, enam belas tahun yang lalu, telah berkembang menjadi market leader dalam bisnis tas dan peralatan petualangan di Indonesia. Sampai saat ini, kami telah mempunyai 3 Flagship Stores, 34 showroom, dan 81 counter tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

VISI:

Menjadi perusahaan retail global yang visioner di dalam bisnis adventure dan e-lifestyle yang diberkati dan memberkati.

MISI:

Berinvestasi dalam Sumber Daya Manusia dengan memberdayakan karyawan sebagai mitra untuk mengembangkan karakter, kompetensi, dan kepedulian sesuai dengan panggilannya untuk menjadi manusia yang signifikan dan bahagia.
Mengembangkan jaringan retail modern dengan sistem franchise, e-commerce, distributorship,dan sistem lisensi sebagai strategi distribusi global.
Mengembangkan bisnis (produk dan jasa) dalam bidang technical adventure, travelingadventure, dan lifestyle adventure.
Mengembangkan bisnis e-lifestyledi cyber market.
Membentuk organisasi dan budaya perusahaan yang unggul dan dapat menjadi perusahaan kelas dunia dengan didukung oleh inovasi dan teknologi yang terkini.
Mengembangkan produk dan pelayanan yang berkualitas tinggi untuk memuaskan kebutuhan pelanggan.
Menjadi perusahaan yang mempunyai peran signifikan dalam:
-Program peduli ekosistem global

-Sosial budaya global

-Program peduli cyber place global

Kami adalah perusahaan yang didorong oleh nilai-nilai utama:

Faith (Iman)
Integrity (Integritas)
Significant (Berarti)
Harmony (Harmonis)

Rangkaian produk Eiger meliputi:
1. Berbagai Jenis Tas

– Rucksacks/Carrier
– Daypacks
– Shoulder bags
– Waist bags
– Travel bags
– Lumbar bags
– Hydro-pack System
– Dry bags
– Biking Bags
– Laptop bags
– Multi purpose bags

Clothing
– Jackets: Rain suit, windproof jacket, and knitted jacket
– Shirts : Technical shirts and regular shirts
– Trousers
– T-shirts


Headwear
– Caps
– Hats
– Beanies/balaclavas
– Bandannas/bandana
Footwear
– Shoes
– Sandals
– Socks
– Gaiter
Peralatan lainnya
– Sleeping bags
– Tents
– Gloves
– Equipments: pisau, carabiner, stove, bottle, cooking set, walking stick, axe, torch, hydration flask, dan lain-lain
– Essential Equipments: ruler compass, glow stick


Accessories
– Waist belt
– Wallet
– Press advertism
– Gimmick
– Stationeries
– Peripheral




0 comments:

Post a Comment