Sunday, 29 October 2017

Studi Kasus Dampak New Media (Twitter, Facebook, Youtube...)

Peng. Tek. Internet & New Media #







NAMA       :         Muhammad Maulana Yusuf
NPM           :         54416995
KELAS       :         2IA07

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2017

Studi Kasus Mengenai dampak yang terjadi/muncul dari aplikasi New Media (Twitter, Facebook, Youtube .. )
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN YOUTUBE

Youtube adalah sebuah sebuah situs web video sharing (berbagai video) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPal : Steve Chen, Chad hurley, dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian internet, Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen. Para pengguna dapat memuat, menonton dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player.
dibawah ini adalah awal dan perjuangan panjang dari www.youtube.com berikut dengan fakta-faktanya :
1.      Youtube didirikan pada bulan februari 2005 oleh 3 orang mantan karyawan PayPal, yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim.
2.      Pada awalnya kantor pusat Youtube terletak di lantai atas sebuah restoran Pizza dan Restoran jepang di San Mateo, California.
3.      Video awal yang pertama kali di Upload di Youtube berjudul “Me at The Zoo”, menampilkan Jawed Karim di kebun binatang San Diego. Hingga saat ini video tersebut masih dapat disaksikan di youtube.
4.      Youtube meluncurkan Beta test pada bulan Mei 2005, 6 bulan sebelum official launching yang dilaksanakan pada bulan November 2005
5.       Pada bulan juli 2006 atau 8 bulan setelah diresmikan, tercatat 65.000 video baru di upload ke situs Youtube setiap harinya, dengan 100 juta views per hari.
6.      Pemilihan nama www.youtube.com mengakibatkan masalah bagi sebuah situs bernama mirip, www.utube.com. Pemilik situs, Universal Tube & Rollform Equipment, mengajukan gugatan terhadap YouTube pada November 2006 setelah mengalami kelebihan beban secara teratur yang diakibatkan oleh orang yang mencari situs YouTube
7.      Pada bulan Oktober 2006, Google Inc. membeli Youtube senilai 1,65 miliar US $
8.      Pada tahun 2007 Youtube telah mengkonsumsi Bandwidth menyamai besarnya Bandwidth keseluruhan internet di dunia pada tahun 2000.
9.      Pada bulan juni 2008 majalah Forbes memberitakan bahwa pendapatan Youtube selama tahun 2008 diperkirakan mencapai 200 juta US $.
10.  Pada tahun 2008 Youtube mendapatkan penghargaan George Foster Peabody Award dan karena telah menjadi “Speakers Corners” dan ikut berjasa dalam pengembangan demokrasi dan kebebasan berpendapat.
11.  Saat ini Youtube menjadi situs online Video provider paling dominan di Amerika serikat, bahkan mungkin dunia, dengan menguasai 43 persen pasar. Diperkirakan 20 Jam durasi video di upload ke Youtube setiap menitnya dengan 6 miliar views per hari.

PEMBLOKIRAN YOUTUBE DI BEBERAPA NEGARA
Youtube telah disensor beberapa kali di beberapa negara karena berbagai alasan. Dan ini NEGARA-NEGARA YANG PERNAH MEMBLOKIR YOUTUBE,
1.      Arab Saudi Youtube dapat diakses di Arab Saudi, tetapi halaman untuk mengkonfirmasi tanggal kelahiran pengguna diblokir, mencegah para pengguna internet di Arab Saudi melihat halaman yang dinyatakan untuk dewasa di YouTube.
2.      Armenia Karena Armenia menyatakan keadaan darurat sebagai hasil dari protes pemilihan presiden Armenia 2008, YouTube telah diblokir di Armenia sejak 2 maret 2008. Dibawah keadaan darurat, tidak ada media yang diperbolehkan menyiarkan berita kecuali media nasional.
3.      Brazil YouTube dituntut oleh model Brazil dan VJ MTV, Daniela Cicarelli (lebih terkenal sebagai bekas tunangan Ronaldo) bahwa situs ini menyediakan video yang dibuat oleh paparazzi. Video itu menampilkan dia bersama pacarnya melakukan hubungan seksual di sebuah pantai di Spanyol. Tuntutannya meminta agar semua video itu dihapus, jika tidak, Youtube akan diblokir di Brazil. Pada hari sabtu, 6 januari 2007, perintah legal memerintahkan agar penyaring diletakkan untuk mencegah pengguna internet di Brazil untuk mengakses situs itu. Pengukuran keefektifan dipertanyakan karena video itu tidak hanya ada di YouTube, tetapi juga di situs lain sebagai sebagai bagian fenomena internet. Pada hari selasa, 9 januari 2007, pengadilan yang sama berbalik dari pilihan mereka sebelumnya, meminta penyaring dihapus. Setelah pelarangan YouTube di Brazil, terdapat situs brtube.com, sebagai pengganti YouTube di Brazil.
4.      Iran Pada 3 desember 2006, Iran memblokir YouTube bersama dengan beberapa situs lainnya setelah menyebut "amoral". Pelarangan Youtube dilakukan setelah video mengenai bintang sinetron Iran dimasukkan ke YouTube. Beberapa sumber mengklaim bahwa pemblokiran ini disebabkan oleh film yang mengagungkan MKO (Grup perlawanan Iran utama melawan rezim Islam fundamentalis).
5.      Maroko Pada 25 mei 2007, Maroc Telecom (perusahaan milik negara Maroko) meblokir semua akses ke YouTube. Tidak ada alasan yang diberikan mengapa YouTube diblokir, tetapi terdapat spekulasi bahwa hal itu memiliki hubungan dengan grup separatis Polisario atau terdapat video yang mengkritik raja Mohammed VI. Youtube dapat diakses kembali pada 30 mei 2007.
6.      Republik Rakyat Cina Sebagai bagian dari program penyensoran Golden Shield, Youtube diblokir di Republik Rakyat Cina sejak 15 oktober 2007.
7.      Suriah YouTube kini diblokir di Suriah.
8.      Thailand Pada 8 maret 2007, Youtube diblokir di Thailand. Banyak pengguna internet di Thailand mempercayai alasan pemblokiran adalah video pidato, Thaksin Shinawatra, mantan Perdana Menteri Thailand di CNN. Pemerintah Thailand tidak mengkonfirmasi alasan pemblokiran, tetapi YouTube dapat diakses kembali pada 10 maret 2007.
Pada malam 3 april 2007, YouTube kembali diblokir di Thailand. Pemblokiran ini disebabkan karena adanya video yang menghina Raja Bhumibol Adulyadej. Youtube kembali dibuka pada 30 agustus 2007, setelah YouTube setuju untuk menghapus video yang menghina Raja Thailand itu. Pada 21 september 2007, Thailand mengumumkan mereka meminta perintah pengadilan untuk memblokir video yang muncul di YouTube menuduh Prem Tinsulanonda mencoba memanipulasi tahta kerajaan untuk menjadikannya Raja Thailand.
9.      Turki YouTube diblokir di Turki pada 6 maret 2007 sampai 9 maret 2007.YouTube kembali diblokir pada 18 januari 2008 dan kembali dibuka pada 27 maret 2008.
10.  Uni Emirat Arab YouTube diblokir di Uni Emirat Arab. Situs ini dapat diakses, tetapi pengguna internet di Uni Emirat Arab tidak dapat mengakses halaman pengguna.
11.  Pakistan YouTube diblokir di Pakistan dan pemblokirannya dibuka pada 26 februari 2006.
12.  Indonesia Pada 1 april 2008, Menteri Informasi Indonesia, Muhammad Nuh, menulis surat kepada YouTube untuk menghapus sebuah film Belanda, Fitna, yang dibuat oleh politisi sayap kanan Belanda, Geert Wilders. Pemerintah Indonesia memberikan waktu dua hari kepada YouTube untuk menghapus video itu atau YouTube akan diblokir di Indonesia. Pada 4 april 2008, Muhammad Nuh meminta semua ISP Indonesia untuk meblokir akses ke YouTube. Pada 5 april 2008, YouTube diblokir sebagai sebuah percobaan oleh sebuah ISP. Akhirnya pada 8 april 2008, YouTube bersama dengan MySpace, Metacafe, Rapidshare, Multiply, Liveleak, dan situs resmi Fitna diblokir di Indonesia. Pemblokiran YouTube dan situs lainnya akhirnya dibuka pada 10 april 2008.


DAMPAK NEGATIF DAN DAMPAK POSITIF YOUTUBE DARI SEGI EKONOMI

Dampak positif dari youtube yang selama ini bisa dilihat adalah bagi perusahaan-perusahaan rekaman yang ingin melakukan promosi bagi artis-artisnya. Juga bagi perusahaan-perusahaan periklanan yang ingin mempromosikan suatu produk. Ada pula orang-orang yang dengan sengaja meng-upload video-video dokumenter baik sejarah perjuangan bangsa kita maupun dokumenter mengenai kisah-kisah menyentuh tentang kehidupan dari pedalaman Indonesia. Ada pula video-video ilmu pengetahuan tentang kehidupan baik dari dasar laut hingga luar angkasa. Semua ada di youtube. Hanya tinggal memasukkan kata kunci yang dicari, semua video yang memperluas wawasan bisa dilihat dan di-download kapan saja.

Dampak negatif salah satu contoh adalah dengan adanya Youtube para pembisnis banyak yang meng-upload video segala jenis produk atau jasanya, dengan begitu persaingan bisnis yang semangkin ketat di era globalisasi saat ini menuntut perusahaan untuk menyusun kembali strategi dan taktik bisnisnya yang kemudian jika dilihat lebih dalam, ternyata esensi dari persaingan terletak pada bagaimana sebuah perusahan dapat mengimplementasikan proses penciptaan produk atau jasanya secara lebih murah, lebih baik, dan lebih cepat dibandingkan dengan pesaing bisnisnya atau menciptakan produk yang berbeda atau unik yang tidak dapat diproduksi oleh pesaing.


DAMPAK NEGATIF DAN DAMPAK POSITIF YOUTUBE SOSIAL BUDAYA

Dengan perkembangan teknologi yang semakin teknologi yang semakin pesan semakin mudah pula seseorang bisa mengakses berbagai macam video, gambar, ebook, atau pun artikel. Akibatnya banyak yang menggunakan media internet sebagai tempat pelarian untuk mencari hal-hal baru, contohnya seperti di YouTube semua orang bisa mengakses berbagai macam video yang telah diunggah oleh orang banyak pemanfaatan YouTube ini dapat berdampak positif bagi penggunanya bila digunakan untuk mencari berbagai macam tutorial atau pun mengunggah video yang kita punya. Bila YouTube hanya digunakan untuk mencari video yang tidak etis, maka hal tersebut dapat berdampak negatif bagi penggunanya.

Dampak Positif
·         Dapat mencari video tutorial.
·         Bisa menjadi artis instant.
·         Bisa berbagai keceriaan dengan berbagi-pakai video yang kita miliki.
·         Dapat mencari video unik dan lucu.
·         Membuat orang kreatif dengan membuat video yang menarik.

Dampak Negatif
·         Dapat dipakai untuk mencari video porno.
·         Video-video kekerasan.
·         Video yang dapat merubah reputasi seseorang.
·         Mudah terpengaruh oleh hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan suatu negara
·         Berkonotasi negative terhadap nama seseorang.

DAMPAK POSITIF YOUTUBE SECARA POLITISI
1.      Memperoleh informasi politisi
2.      Menyiarkan suatu peristiwa perkembangan politis
3.      Kampanye partai politik (seperti obama yang mengupload video tentang pidatonya)
4.      Siaran ulang kejadian perisitiwa politisi

DAMPAK NEGATIF YOUTUBE SECARA POLITISI

Setelah adanya video youtube pemerintahan setiap Negara di dunia yang berdaulat dalam mengatur dirinya sendiri semakin berkurang. Hal ini, dikarenakan adanya aturan-aturan baru yang telah disepakati bersama dengan lembaga-lembaga global misalnya PBB dan WTO.Campur tangan masyarakat internasional dan masuknya nilai-nilai budaya yang baru dari dunia luar seperti YouTube yang  memberi perubahan bidang politik dalam suatu Negara. Semakin meningkatnya nilai-nilai politik individu, kelompok, oposisi, diktator mayoritas atau tirani minoritas Timbulnya fanatisme rasial, etnis dan agama dalam forum dan organisasi. Dengan masuknya nilai-nilai politik barat baik secara langsung atau tidak langsung memberikan inspirasi timbulnya unjuk rasa, demonstrasi yang semakin berani dan terkadang mengabaikan kepentingan umum. Ini memungkinkan dapat berkembangnya paham liberalisme, terjadinya perubahan sistem ketatanegaraan, adanya Konspirasi internasional, artinya pertentangan kekuasaan dan percaturan politik internasional selalu mengarah kepada persekongkolan.

DAMPAK TWITTER & FACEBOOK
Pada era modern ini perkembangan internet dan new media sangatlah pesat. Terbukti dengan terciptanya telepon seluler, notebook, layanan internet, dan gadget multi fungsi lainnya. Dengan terciptanya gadget tersebut, manusia di masa sekarang ini dapat dengan mudah berkomunikasi tanpa memiliki kendala karena dibatasi oleh jarak dan waktu. Saat ini layanan internet sangatlah digandrungi oleh masyarakat dunia. Dengan adanya layanan internet ini dapat memudahkan manusia dalam mencari informasi dan kemudahan berkomunikasi dengan manusia diseluruh dunia dengan bantuan aplikasi media sosial.

Salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat dunia adalah Twitter. Hampir seluruh masyarakat dunia telah menggunakan Twitter sebagai media berkomunikasi. Di Indonesia sendiri sudah sangat banyak pengguna Twitter, tidak hanya dari kalangan dewasa dan remaja saja bahkan kini anak sekolah dasar pun telah banyak yang menggunakan Twitter. Twitter sendiri sangatlah digandrungi oleh kalangan remaja. Banyak remaja era sekarang yang menggunakan Twitter sebagai sarana mengobrol biasa, ada juga yang menggunakannya sebagai sarana untuk mendapatkan berita-berita terbaru mengenai artis-artis yang diidolakan.

Media sosial Twitter memang akan sangat membantu manusia bila digunakan dengan bijaksana. Namun saat ini kebanyakan pengguna Twitter dari kalangan remaja telah salah dalam memanfaatkan media sosial ini. Banyak sekali remaja yang menggunakan Twitter sebagai sarana untuk mem-bully, dan sebagai sarana bergosip. Tentu keadaan tersebut sangatlah memprihatinkan, para remaja yang telah salah dalam memanfaatkan media sosial Twitter ini sudah pasti tidaklah faham akan apa saja akibat negatif yang akan muncul nantinya.

Akhir-akhir ini banyak pemberitaan di media cetak dan elektronik mengenai penyalahgunaan situs jejaring sosial. Beberapa berita yang paling hangat adalah kasus seorang remaja laki-laki yang membawa kabur seorang remaja perempuan yang dikenal melalui situs media sosial Facebook, dan penyalahgunaan media sosial Twitter sebagai sarana bisnis prostitusi yang dilakukan oleh kalangan remaja. Keadaan ini sangat ironis dan bertentangan dengan tujuan utama dari jejaring sosial yaitu untuk memudahkan dan memberikan keuntungan bagi manusia saat ingin berkomunikasi dan mencari informasi.

Tidak hanya pada kehidupan umum saja yang terkena dampak buruk dari penyalah gunaan jejaring sosial. Didunia pendidikan kini juga sudah ditemukan beberapa kasus penyalahgunaan media sosial. Dampak terburuk dalam dunia pendidikan yang dihasilkan dari media sosial adalah menurunnya motivasi dan prestasi siswa dalam belajar. Motivasi adalah hal yang paling penting dalam siswa untuk mendapatkan prestasi belajar. Jika motivasi yang didapatkan siswa untuk belajar menurun maka akan menurun pula prestasi yang dicetak oleh siswa.

Yang paling mengkhawatirkan adalah pada era teknologi dan globalisasi seperti sekarang ini, telepon seluler yang dulunya hanya berfungsi sebagai alay pemanggil jarak jauh, kini dapatdigunakan uantuk mengakses internet dan jejaring social. Jadi siswa tidak perlu lagi ke warnet untuk mengakses situs pertemanan ,melainkan dapat mengaksesnya langsung ditelepon seluler mereka. Hal ini semakin menambah banyak kasus penyalahgunaan situs jejaring social untuk hal yang tiddak sesuai dengan aturan.

 Tidak hanya siswa, para mahasiswapun tidak luput dari dampak situs jejaring sosial ini. Sebuah penelitian terbaru dari Aryn Karpinski, peneliti dari Ohio State University, menunjukkan bahwa para mahasiswa pengguna aktif jejaring sosial seperti facebook ternyata mempunyai nilai yang lebih rendah daripada para mahasiswa yang tidak menggunakan situs jejaring sosial facebook. Dari 219 mahasiswa yang diriset oleh Karpinski, 148 mahasiswa pengguna situs facebook ternyata memiliki nilai yang lebih rendah daripada mahasiswa non pengguna. Menurut Karpinski, memang tidak ada korelasi secara langsung antara jejaring sosial seperti facebook yang menyebabkan nilai para mahasiswa atau pelajar menjadi jeblok. Namun diduga jejaring sosial telah menyebabkan waktu belajar para siswa atau mahasiswa tersita oleh keasyikan berselancar di situs jejaring sosial tersebut. Para pengguna jejaring sosial mengakui waktu belajar mereka memang telah tersita. Rata-rata para siswa pengguna jejaring sosial kehilangan waktu antara 1–5 jam sampai 11–15 jam waktu belajarnya per minggu untuk bermain jejaring sosial di internet.
      
Berdasarkan hasil riset Yahoo di Indonesia yang bekerja sama dengan Taylor Nelson Sofres pada tahun 2009, pengguna terbesar internet adalah usia 15-19 tahun, sebesar 64 persen. Riset itu dilakukan melalui survei terhadap 2.000 responden. Sebanyak 53 persen dari kalangan remaja itu mengakses internet melalui warung internet (warnet), sementara sebanyak 19 persen mengakses via telepon seluler. Sebagai gambaran, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia pada 2009 menyebutkan, pengguna internet di Indonesia diperkirakan mencapai 25 juta. Pertumbuhannya setiap tahun rata-rata 25 persen. Riset Nielsen juga mengungkapkan, pengguna Facebook pada 2009 di Indonesia meningkat 700 persen dibanding pada tahun 2008. Sementara pada periode tahun yang sama, pengguna Twitter tahun 2009 meningkat 3.700 persen. Sebagian besar pengguna berusia 15-39 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa memang benar adanya pengguna situs jejaring sosial adalah dari kalangan remaja usia sekolah.

Motivasi dan prestasi belajar siswa dapat menurun karena situs jejaring sosial. Buktinya pada penelitian yang dilakukan oleh Aryn Karpinski yang sudah ditulis di bagian atas. Prestasi belajar dalam hal ini nilai siwa menurun akibat terlalu sering membuka situs jejaring sosial di internet. Hal ini mungkin karena motivasi belajar siswa tersebut juga menjadi berkurang karena lebih mementingkan jejaring sosialnya daripada prestasi belajarnya sendiri. Motivasi sangat memegang pengaruh yang penting terhadap siswa, karena dengan motivasi siswa tersebut dapat menyadari betapa pentingnya belajar untuk kehidupan yang akan datang. Motivasi juga berpengaruh terhadap pencapaian cita-cita siswa yang mungkin telah tertanam sejak siswa itu memiliki cita-cita. Untuk itulah motivasi belajar siswa perlu dipertahankan dan jangan sampai motivasi tersebut menurun akibat dari penggunaan sius jejaring sosial yang semakin menghawatirkan.
A.   DAMPAK POSITIF MEDIA SOSIAL

1)    Sebagai media penyebaran informasi.
remaja menjadi mudah untuk memperoleh informasi yang ada di internet karena adanya blog atau website. Selain itu social media juga bias digunakan sebagai lahan informasi dalam bidang pendidikan kebudayaan, dan lain-lain.

2)    Memperluas jaringan pertemanan.
berkat situs media social ini remaja menjadi lebih mudah berteman dengan orang lain di seluruh dunia. ,eskipun sebagian besar diantara mereka tidak pernah bertemu secara langsung.

3)    Situs jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati.
Misalnya memberikan perhatian saat ada teman mereka berulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.

4)    Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial. Pengguna daapat belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan.

5)    Internet sebagai media komunikasi, setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.

6)    Media pertukaran data. Dengan menggunakan jaringan situs-situs web para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

7)    Sebagai media promosi dalam bisnis.
Hal ini memungkinkan para remaja yang menjadi pengusaha kecil dapat mempromosikan produk dan jasanya tanpa mengeluarkan banyak biaya.

B. DAMPAK NEGATIF MEDIA SOSIAL
1)    Susah bersosialisasi dengan orang sekitar.
Hal ini cukup mengkhawatirkan bagi perkembangan kehidupan sosial peserta didik (siswa). Mereka yang seharusnya belajar sosialisai dengan lingkungan justru lebih banyak menghabiskan waktu untuk berselancar di dunia maya bersama teman teman di komunitas jejaring sosialnya, yang rata-rata membahas sesuatu yang tidak penting. Akibatnya kemampuan interaksi siswa menurun.

2)    Membuat seseorang menjadi penyendiri dan susah bergaul.
Situs jejaring sosial di internet membuat penggunanya memiliki dunia sendiri, sehingga tidak sedikit dari mereka tidak peduli dengan orang lain dan lingkungan di sekitarnya. Seseorang yang telah kecanduan situs jejaring sosial sering mengalami hal ini. Yang mengakibatkan dirinya tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya lagi.

3)    Menghamburkan uang.
Akses internet untuk membuka situs jejaring sosial jelas berpengaruh terhadap kondisi keuangan siswa (terlebih kalau akses dari warnet). Tidak jarang siswa menggunakan uang SPP mereka untuk pergi ke warnet sekedar untuk membuka situs jejaring sosial saja. Ini dapat dikategorikan sebagai pemborosan, karena menggunakan uang secara tidak produktif.

4)    Berkurangnya Waktu Belajar Siswa.
Hal ini sudah jelas, karena dengan mengakses internet dan membuka situs jejaring sosial siswa akan lupa waktu, sehingga yang dikerjakannya hanyalah itu-itu saja.

5)    Tertinggal dan terlupakannya bahasa formal.
Karena pengguna social media lebih sering menggunakan bahasa informal dalam kesehariannya, sehingga aturan bahasa formal mereka menjadi terlupakan.

6)    Kejahatan dunia maya.
Kejahatan dikenal dengan nama cyber crime. Kejahatan dunia maya sangatlah beragam. Diantaranya : carding, hacking, cracking, phising, dan spamming.

7)    Berkurangnya privasi pribadi.
Dalam sosial media  kita bebas menuliskan dan men-share apa saja, Sering kali tanpa sadar kita mempublish hal yang seharusnya tidak perlu disampaikan ke lingkup sosial.

8)    Pornografi.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Terkadang seseorang memposting foto yang seharusnya menjadi privasi dia sendiri di sosial media, hal ini sangat berbahaya karena bisa jadi foto yang hanya di postingnya di sosial media disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

C. SOLUSI BAGI DAMPAK NEGATIF
1)    Mempertimbangkan pemakaian TIK dalam pendidikan, khususnya untuk anak di bawah umur yang masih harus dalam pengawasan ketika sedang melakukan pembelajaran dengan TIK. Analisis untung ruginya pemakaian.

2)    Tidak menjadikan TIK sebagai media atau sarana satu-satunya dalam pembelajaran, misalnya kita tidak hanya mendownload e-book, tetapi masih tetap membeli buku-buku cetak, tidak hanya berkunjung ke digital library, namun juga masih berkunjung ke perpustakaan.

3)    Pihak-pihak pengajar baik orang tua maupun guru, memberikan pengajaran-pengajaran etika dalam ber-TIK agar TIK dapat dipergunakan secara optimal tanpa menghilangkan etika.

4)    Perlu ada kesadaran peran dan kerjasama antara seluruh pengguna lanyanan TIK.

5)    Menggunakan software yang dirancang khusus untuk melindungi ‘kesehatan’ anak. Misalnya saja program nany chip atau parents lock yang dapat memproteksi anak dengan mengunci segala akses yang berbau seks dan kekerasan.

6)    Meletakkan komputer di ruang publik rumah, seperti perpustakaan, ruang keluarga, dan bukan di dalam kamar anak. Meletakkan komputer di dalam kamar anak, menurut Nina akan mempersulit orangtua dalam hal pengawasan. Anak bisa leluasa mengakses situs porno atau menggunakan games yang berbau kekerasaan dan sadistis di dalam kamar terkunci. Bila komputer berada di ruang keluarga, keleluasaannya untuk melanggar aturan pun akan terbatas karena ada anggota keluarga yang lalu lalang.

7)    Untuk mencegah kecanduan orang tua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain komputer. Sehingga pada usia yang lebih besar, diharapkan anak sudah dapat lebih mampu mengatur waktu dengan baik.

8)    Pemerintah sebagai pengendali sistem-sistem informasi seharusnya lebih peka dan menyaring apa-apa saja yang dapat di akses oleh para pelajar dan seluruh rakyat Indonesia di dunia maya. Selebihnya, Kementrian juga bisa menyebarkan filter berupa program software untuk menekan dampak buruk teknologi informasi. Kedua, perlu adanya dukungan dari orangtua, tokoh budaya hingga kalangan agamawan, untuk mensosialisasikan tentang saran, manfaat dan sisi positif twitter & facebook.

Sumber & Referensi:
http://www.academia.edu/5524975/Kasus_Psikologi_Komunikasi_Dampak_Media_Sosial_Facebook_di_Kalangan_Remaja_
http://ahmadgumilang.blogspot.co.id/2012/10/dampak-negatif-facebook-twitter.html
https://tscumum2011.blogspot.co.id/2013/11/dampak-sosial-media-terhadap-kalangan-remaja.html

https://tinifeehily.wordpress.com/2012/09/05/cara-atau-solusi-untuk-menanggulangi-dampak-negatif-dalam-teknologi-informasi/
http://ockydochi.blogspot.co.id/2013/06/dampak-positif-dan-negatif-youtube.html
https://jesikaansella.wordpress.com/2016/11/16/studi-kasus-dampak-youtube/

0 comments:

Post a Comment